GPS Data Parsing menggunakan Arduino

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Ada beberapa metode untuk mengekstrak nilai tertentu dari data yang kita terima melalui komunikasi serial, pada kasus kali ini ane mendokumentasikan GPS data parsing menggunakan “strtok” pada Arduino. (Seperti biasa, sebelum mengajukan pertanyaan, jangan lupa baca manual biar nggak diteriakin “RTFM..!!!” sama penghuni forum)

Alternatif lain untuk mengekstrak data dari data GPS adalah menggunakan library Tiny GPS[1][2] punyanya om Mikal Hart.

Terus kenapa ane nggak pake library itu padahal lebih gampang pake library itu? alasan pertama adalah ane gak butuh banyak fitur dari library itu dan alasan kedua (yang dimana adalah alasan utama) adalah karena saya nggak berhasil-berhasil ngoprek library itu (entah karena saya pake UASRT port di Arduino kali ya?) bruakakaka *melambaikantangan ke kamera.

Pada codingan dibawah ini kita menggunakan fungsi strtok dan kemudian dikonversi ke variabel float pake “atof”, ane manfaatkan fungsi delimiter yang ada karena nilai koordinat jumlah digitnya berubah-ubah. Silakan perhatikan raw data data GPS sebelum diekstrak datanya:

Kemudian inilah baris kode Arduino-nya:

Hasilnya seperti berikut:

eh gak jadi ngasih hasil ah, ente coba sendiri ajaaa….

btw,  di baris kode itu masih ada beberapa masalah yang bakalan ente temui, rasain dulu deh, ane nulis ini sebenarnya karena mau minta pendapat dan koreksi juga, tapi entar aja ane nulis apa masalahnya, perut ane udah berontak.

catatan: kode ini bukan murni hasil kerja ane, tapi memang merupakan hasil kerja keras menyalin-tempel kemudian lakukan beberapa perubahan sesuai dengan yang diinginkan, hahaha.. Silakan tanya om google referensi-referensi yang dibutuhkan untuk memahami lebih lanjut baris kode ini.

Semoga bermanfaat.

 

referensi:

[1] http://arduiniana.org/libraries/tinygpsplus/

[2] https://github.com/mikalhart/TinyGPSPlus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *